Saturday, June 03, 2006

Self Hypnosis


Penjelasan pada bab-bab sebelumnya menunjukkan cara meng-hypnosis orang lain. Bab ini saya khususkan untuk menjelaskan cara meng-hypnosis diri sendiri. Berbeda dengan teknik induksi yang sengaja tidak saya bahasa terlalu dalam. Disini self hypnosis saya uraikan panjang lebar hingga bisa Anda praktikan sendiri. Tidak akan ada masalah (efek samping) bila Anda melakukan self hypnosis meskipun teknik Anda salah karena Anda kurang faham. Ini hanya permainan pikiran biasa, meskipun hanya permaian ini adlah permainan yang serius dan punya dampak positif yang besar bagi kehidupan Anda. Selamat menoba, Anda pasti bisa, karena self hypnosis sangat mudah.
Satu hal penting yang perlu diketahui adalah bahwa segala bentuk hypnosis pada dasarnya adalah self hypnosis. Anda mungkin akan bertanya, “Apa maksudnya? Bukankah saat seorang subjek di-hypnosis yang melakukan induksi adalah juru hypnosis?” Benar sekali. Saat seorang subjek di-hypnosis, kesan yang timbul adalah ia dikendalikan oleh hypnotist. Padahal, yang terjadi sesungguhnya adalah kendali tetap berada di tangan subjek. Hypnotist hanya mengarahkan subjek dengan induksi. Subjek, karena bersedia di-hypnosis, akan taat menjalankan sugesti yang diberikan sehingga ia akan masuk ke dalam kondisi trance. Jika subjek tidak mau di-hypnosis, ia akan menolak dan tidak bersedia menjalankan sugesti yang diberikan oleh hypnotist. Dengan demikian, ia tidak akan masuk ke dalam kondisi trance. Jadi, kendali sepenuhnya berada di tangan subjek. Subjek meng-hypnosis dirinya sendiri dengan mengikuti sugesti yang diberikan oleh hypnotist. Jadi, peran hypnotist Sebenarnya hanya sebagai fasilitator.
Bila Anda melakukan self hypnosis, Anda berperan ganda sebagai hypnotist dan juga sebagai subjek. Analogi lain adalah Anda sebagai pilot dan penumpang pesawat. Jadi, Anda sendiri yang akan mengarahkan arah dan tujuan pikiran Anda.
Saat meng-hypnosis diri sendiri, yang terjadi adalah Anda melakukan relaksasi yang menurunkan gelombang otak Anda, dan kondisi beta ke alfa dan kalau bisa ke theta. Semakin Anda rileks, semakin rendah getaran gelombang otak Anda. Di bab sebelumnya, telah dijelaskan bahwa alfa adalah gerbang bawah sadar dan theta adalah bawah sadar itu sendiri. Sugesti yang diberikan saat seseorang berada di gelombang alfa atau theta sembilan kali lebih kuat pengaruhnya dibandingkan dengan di kondisi beta. Hal ini menjawab mengapa selama ini orang melakukan afirmasi namun tidak bisa mendapatkan hasil maksimal-karena umumnya hal itu dilakukan pada saat gelombang otak berada di kondisi beta.
Ada banyak manfaat positif yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan self hypnosis. Misalnya, berhenti merokok, diet dengan cara yang benar, berhenti minum-minuman beralkohol, mengendalikan, rasa sakit, meningkatkan semangat dan motivasi, meningkatkan daya ingat, meningkatkan kemampuan belajar, lebih fokus, mengatasi rasa takut, dan masih banyak lagi.
Kunci keberhasilan self hypnosis adalah penggunaan posthypnotic suggestian. Posthypnotic suggestian adalah sugesti yang diberikan saat seseorang masih berada dalam kondisi trance, dan sugesti/perintah ini baru akan dilaksanakan setelah seseorang kembali ke kesadaran normal.
Hal penting lain yang perlu diperhatikan adatah posthypnotic suggestian hanya akan bekerja bila Anda benar-benar menginginkannya bekerja. Jadi, Anda harus termotivasi, semangat, dan benar-benar mengharapkan dan mau menerima perubahan yang akan terjadi.
Persiapan Self Hypnosis
Sebelum Anda mulai melakukan self hypnosis, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui dan lakukan.
Langkah pertama, Anda perlu mencari tempat tenang, nyaman, dan aman. Anda harus mendapatkan waktu yang tenang agar tidak terganggu selama Anda melakukan self hypnosis.
Self hypnosis membutuhkan praktik terus-menerus. Anda tidak bisa hanya melakukan sekali dan kemudian berhenti mencoba. Semakin sering Anda mencoba, semakin mahir Anda melakukannya. Pada awalnya, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit untuk setiap sesi. Semakin banyak praktik, Anda semakin mahir, dan waktu yang dibutuhkan untuk satu sesi semakin singkat menjadi sekitar 8 hingga 10 menit saja. Setelah Anda menemukan tempat yang sesuai, Anda perlu menemukan satu posisi tubuh yang santai dan nyaman. Ada orang yang suka posisi berbaring, ada yang suka posisi duduk. Yang penting Anda merasa santai, rileks, dan nyaman. Setelah Anda merasa santai, rileks, dan nyaman, tutup mata Anda dan tarik napas panjang dengan menggunakan napas perut. Tahan selama empat hitungan dan keluarkan perlahan-lahan melalui mulut selama enam hitungan. Lakukan pernapasan m selama dua menit. Pernapasan yang dalam dan lambat sangat membantu Anda untuk rileks. Bayangkan semua ketegangan mengalir keluar bersama embusan napas Anda.Saat Anda telah benar-benar rileks, Anda siap melakukan tahap kedua self hypnosis, yaitu induksi terhadap diri Anda sendiri. Anda telah menyelesaikan tahap pertama, yaitu relaksasi. Script berikut ini adalah sugesti yang dapat Anda gunakan sesuai tujuan dan kebutuhan Anda. Ada baiknya Anda merekam script ke dalam kaset. Dengan demikian, Anda dapat menggunakannya berulang-ulang. Atau, Anda bisa meminta seseorang membacakan script untuk Anda. Saat membaca script, pastikan suara Anda tenang dan lembut (membaca dalam hati). Mengapa Anda sebaiknya merekam dan tidak membaca script Anda? Bila membaca, Anda melakukan suatu aktivitas mental yang akan menaikkan gelombang otak Anda. Kondisi rileks membuat gelombang otak Anda dominan di antara gelombang alfa atau theta. Bila pikiran sadar Anda aktif, yang dominan adalah gelombang beta. Saat gelombang beta aktif, pintu gerbang bawah sadar Anda menutup. Jadi, sugesti yang akan Anda masukkan kurang efektif. Motivasi untuk mencapai goal Sugesti berikut berguna meningkatkan motivasi untuk goal atau tujuan spesifik serta untuk menghilangkan rasa takut gagal. Bagian kosong atau blank pada script ini dapat Anda isi dengan goal yang telah Anda pilih. Anda hanya boleh memasukkan satu goal, saya ulangi hanya satu goal, untuk setiap sesi. Mengapa? Agar pikiran bawah sadar Anda tidak bingung. Kata atau kalimat scipt berikut tidak harus baku seperti yang saya tulis. Ini hanya contoh, dan Anda dapat menyusun script sesuai kebutuhan, dengan bahasa yang betul-betul Anda fahami.
“Sekarang... saya sangat bersemangat untuk mencapai... (sebutkan goal Anda) Saya merasa sangat bahagia saat motivasi saya meningkat dengan luar biasa dalam upaya mencapai... (sebutkan goal Anda) Saya ingin meningkatkan kualitas hidup saya dan goal saya akan membantu saya untuk meningkatkan kualitas hidup yang saya inginkan. Dengan semakin meningkatnya motivasi, saya bekerja semakin keras dan cerdas untuk mencapai... dan saya tahu pasti bahwa semua hal positif dan menguntungkan telah menanti saya.”
“Goal ini sangat penting bagi saya, dan saya akan melakukan hal yang harus saya lakukan untuk mencapai goal ini. Saya 100% komit untuk mencapai... Saya tidak kenal kegagaban. Kegagaban tidak ada dalam kamus saya. Tidak ada kegagalan, yang ada hanyalah hasil. Saya dapat mencapai apa saja yang saya pikinkan dan kerjakan. Dengan melakukan self hypnosis ini, saya telah membuktikan pada diri saya bahwa saya mempunyai motivasi sangat kuat untuk mencapai... Semua pikiran, perasaan, dan energi saya 100% terpusat untuk mencapai... Saya 100% yakin bahwa saya pasti mencapai... Saat ada hambatan mengadang, saya ingat bahwa saya telah memutuskan komit 100% untuk mencapai... Saya sangat suka dengan semangat saya yang membara. Hasrat, keinginan, dan semangat saya untuk mencapai... semakin hari semakin meningkat... semakin kuat... semakin berkembang... dan semuanya saya rasakan telah meningkat dalam diri saya. Ini adalah satu perasaan luar biasa yang akan terus saya rasakan.” “Saya membayangkan rasanya saat saya 100% termotivasi untuk bekerja keras dan cerdas mencapai... Saya melihat diri saya melangkah, melakukan apa yang harus saya lakukan untuk mencapai... sampai saya mencapai...Setiap kali saya melangkah menuju goal saya, saya menjadi semakin semangat dan makin bersemangat. Saya melihat diri saya mencapai goal saya dan merasa begitu puas dan bahagia dengan diri Saya karena saya tetap 100% bersemangat dalam mencapai... Saya melihat ke belakang dan sadar bahwa waktu dan upaya yang saya curahkan untuk mencapai... sungguh layak dan seharusnya. Rasa percaya diri saya meningkat luar biasa... karena saya sadar bahwa saya dapat mencapai goal saya.” (Bangun) “Saya bangun dengan menghitung dan satu sampai lima. Saat hitungan kelima, saya bangun, kembali sadar sepenuhnya, dan merasa sangat segar. Satu... Dua.... Tiga... semakin sadar. Empat... merasa sangat segar dan nyaman. Lima... sekarang, saya sadar sepenuhnya.” Sukses Script ini berguna untuk menghilangkan rasa takut gagal dan untuk mendukung tercapainya tujuan atau goal. Anda harus mempunyai goal yang spesifik dalam pikiran Anda agar dapat mencapai hasil maksimal dalam menggunakan script ini.
“Saya mau sukses dengan goal saya, baik itu yang bersifat personal maupun profesional. Saya berani seperti singa. Saya mempunyai sayap elang. Saya memiliki kebijakan seperti malaikat. Saya ulet seperti seekor banteng. Saya dapat dan saya akan sukses dalam hal apa saja yang telah saya tetapkan. Tidak ada satu hal pun yang dapat menghentikan langkah saya. Saya sangat termotivasi untuk sukses. Dan, saya tahu sukses pasti dapat saya raih. Sukses adalah hak saya.”
“Tidak ada kegagalan. Yang ada hanyalah hasil. Saya bertindak dengan perencanaan matang. Saat hasil yang dicapai belum seperti yang saya inginkan, saya belajar dan pengalaman, kemudian mencoba lagi. Mencoba lagi dan mencoba lagi.”
“Goal saya sama seperti sebuah sasaran. Saya adalah seorang pemanah. Pemanah yang sangat ahli. Saya tahu sasaran saya. Saya tahu cara memanah yang benar. Bila panah saya belum mengenai sasaran yang saya inginkan... itu adalah hal yang biasa saja. Itu adalah hasil. Saya dapat memanah dengan anak panah lainnya. Dan, saya akan terus memanah sampai panah saya tepat mengenai sasaran. Dengan setiap anak panah yang saya tembakkan ke sasaran, pikiran sadar dan bawah sadar saya bekerja sama, menghitung jarak target dan menghitung semua hal yang diperlukan untuk mencapai sasaran... mencapai goal saya... untuk berhasil.”
“Saya tahu apa yang saya inginkan. Saya akan berupaya sekuat tenaga untuk mencapainya. Saya mencurahkan pikiran, perasaan, emosi, dan segala daya upaya untuk mencapoi apa yang telah saya tetapkan.”
“Saya merahasiakan goal saya. Saya hanya memberitahu goal saya kepada orang yang mendukung dan dapat membantu saya untuk mencapai goal itu. Saya melakukan hal itu untuk memfokuskan diri saya menuju sukses. Saya tidak butuh komentar atau sugesti, sebab saya tahu apa yang saya inginkan, dan saya percaya sepenuhnya saya bisa mencapainya.
“Segala sesuatu terjadi karena saya membuatnya terjadi. Sukses akan datang menghampiri saya karena saya mengejar sukses. Setelah sesi ini, saya akan melakukan langkah berikutnya. Apa itu? Apa langkah berikutnya yang dapat membawa saya satu langkah lebih dekat ke tujuan saya? Saya membayangkan diri mengambil langkah selanjutnya.” (Berilah diri Anda waktu untuk membayangkan langkah yang akan Anda ambil.)
(Bangun)
“Saya bangun dengan menghitung dan satu sampai lima. Saat hitungan kelima, saya bangun, kembali sadar sepenuhnya, dan merasa sangat segar. Satu... Dua.... Tiga... semakin sadar. Empat... merasa sangat segar dan nyaman. Lima... sekarang, saya sadar sepenuhnya.”
Public Speaking
Contoh sugesti berikut berguna untuk menghilangkan rasa takut berbicara di depan umum. “Saya merasa rileks dan percaya diri saat berbicara di depan umum atau kepada sekelompok arang.”
“Setiap kali saya akan berbicara di depan publik, saya akan menarik napas yang dalam. Dan, saat saya mengembuskan napas, semua ketegangan mengalir keluar bersama napas saya. Saya menjadi sangat tenang dan percaya diri saat mulai berbicara.”
“Saya menyiapkan diri dengan sungguh-sungguh. Saya menguasai materi yang akan saya bawakan dengan sangat baik. Dengan demikian, saya dapat berbicara dengan sangat mudah dan alamiah, tidak peduli siapa dan berapa banyak lawan bicara saya. Jadi, tidak ada hal yang perlu saya risaukan. Saya sangat fokus dan percaya diri saat berbicara di depan umum.”
“Lawan bicara saya sama seperti saya. Saya merasa sangat percaya diri dan rileks saat saya berbicara. Saya sama sekali tidak merasa tegang atau malu. Orang sangat ingin mendengar informasi yang saya miliki. Pikiran saya tajam, terpusat, dan sangat jelas saat saya menyampaikan pemikiran saya.”
“Saat saya berbicara, saya merasa sangat tenang, dan saya akan tetap merasa tenang saat saya berbicara kepada siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Baik itu berbicara hanya kepada satu orang, sepuluh orang, seratus maupun seribu orang.”
“Sebelum saya berbicara, saya akan menarik napas yang dalam. Saat saya mengembuskan napas, semua ketegangan keluar bersama embusan napas. Saya merasa sangat hebat. Saya merasa siap untuk berbagi informasi, ilmu, dan pengetahuan kepada para peserta seminar saya. Saya merasa siap untuk memberikan informasi yang telah saya siapkan sebelumnya. Saya merasa mantap saat saya berbicara kepada audiens.”
(Bangun)
“Saya bangun dengan menghitung dan satu sampai lima. Saat hitungan kelima, saya bangun, kembali sadar sepenuhnya, dan merasa sangat segar. Satu... Dua.... Tiga... semakin sadar. Empat... merasa sangat segar dan nyaman. Lima... sekarang, saya sadar sepenuhnya.”
Daya Ingat
Sugesti berikut berguna untuk meningkatkan daya ingat.
“Saya mempunyai kemompuon untuk mengingat semua hal dengan sangot jelas.”
“Mulai saat ini, daya ingat saya meningkat luar biasa. Saya sangat mudah mengingat nama orang yang saya jumpai, tidak peduli sudah berapa lama saya mengenal mereka. Saya dengan mudah mengingat tanggal dan tempat. Saya dengan sangat mudah mampu mengingat hal-hal yang telah terjadi di masa lampau. Saya mengingat kejadian yang baru terjadi dengan sangat mendetail. Saya percaya dan tahu bahwa saya dapat mengingat apa saja yang ingin saya ingat.”
“Pikiran saya berfungsi sempurna. Memori saya sempurna. Daya ingat saya sempurna. Otak saya bekerja seperti kamera video dan merekam segala hal yang pernah saya lihat, dengar, rasa, sentuh, cium, dan pikirkan. Otak saya juga menyimpan semua ide yang pernah saya pikirkan. Semua informasi tersimpan di otak saya dan saya mempunyai kemampuan sempurna untuk mengakses informasi apa saja yang ada di dalam otak saya. Memori jangka pendek saya bekerja sempurna. Memori jangka panjang saya juga bekerja dengan sempurna, mampu memberikan informasi apa saja yang saya butuhkan dan inginkan, kapan pun itu.”
“Mulai saat ini, setiap kali saya ingin mengingat informasi apa saja, saya hanya perlu menjadi rileks, dan semua informasi yang saya butuhkan langsung muncul di pikiran sadar saya dengan sangat jelas. Setiap hari, dalam segala hal, kemampuan saya mengingat informasi menjadi semakin kuat dan cepat. Saya semakin percaya diri dengan kemampuan saya mengingat apa saja yang saya tahu. Saya sangat cerdas dan pikiran saya tajam dan sangat luar biasa. Memori dan kemampuan saya luar biasa. Sekarang, saya telah mempunyai daya ingat yang luar biasa.”
(Bangun)
“Saya bangun dengan menghitung dan satu sampai lima. Saat hitungan kelima, saya bangun, kembali sadar sepenuhnya, dan merasa sangat segar. Satu... Dua.... Tiga... semakin sadar. Empat... merasa sangat segar dan nyaman. Lima... sekarang, saya sadar sepenuhnya.”
Menurunkan Berat Badan
Sugesti berikut berguna untuk membuat badan menjadi lebih langsing dengan cara menurunkan berat badan dan mengurangi lemak tubuh.
“Berat badan dan lemak tubuh saya berkurang dengan mudah dan aman.”
“Sekarang, saya mulai memprogram tubuh dan pikiran saya untuk mengubah kondisi tubuh saya dengan aman... sehingga berat badan saya turun dan tubuh saya menjadi semakin langsing dan hari ke hari. Lemak tubuh saya berkurang dengan aman dan nyaman, seperti salju yang meleleh terkena sinar matahari yang panas. Massa otot tubuh saya meningkat sekarang, hari demi hari, sehingga saya tampak semakin langsing dan menarik. Langsing dan menarik. Dengan semakin langsing sekarang, energi tubuh saya meningkat dan saya merasa semakin kuat dan bersemangat. Saya bergerak lebih cepat dan mantap. Saya menjadi lebih Sehat seiring dengan tubuh saya yang semakin langsing dan langsing. Saya merasa lebih percaya diri saat saya menjadi semakin langsing. Saya layak dan pantas terlihat cantik dan merasa percaya diri.”
“Saya melihat diri saya berpakaian rapi dan percaya diri, bahkan dapat memakai pakaian dengan ukuran yang lebih kecil karena sekarang saya lebih langsing dan bentuk tubuh saya lebih menarik. Saya melihat diri saya menjadi lebih aktif dalam segala hal yang saya lakukan karena saya lebih kuat dan berenergi saat lemak tubuh saya berkurang, dan saya menjadi lebih langsing. Saya bahkan merasa lebih ringan karena lemak tubuh saya semakin berkurang. Saya melihat diri saya berjalan dengan bangga, penuh percaya diri dengan tubuh saya yang lebih langsing.”
“Saya membayangkan diri berdiri di depan cermin, memandang postur tubuh saya yang lebih langsing. Saat saya melihat wajah saya, wajah saya tampak lebih menarik dan segar sekarang dan saya lebih langsing. Saya membayangkan memakai pakaian yang baru saya beli sesuai dengan ukuran tubuh saya yang sekarang lebih langsing. Tubuh saya sangat menarik. Saya suka dengan bentuk tubuh saya dalam pakaian yang baru saya beli. Saat saya melepas baju, saya melihat tubuh yang lebih langsing, lingkar pinggang yang lebih kecil, bentuk dan lekuk tubuh yang sangat ideal, dan saya terlihat lebih seksi sekarang.”
“Saya memakan makanan bergizi, makanan yang positif untuk tubuh saya. Saya makan sesuai dengan keperluan tubuh saya. Saya tidak lagi menggunakan makanan untuk menghibur diri saya. Saya tidak lagi akan makan bila saya merasa bosan, tertekan, atau kesepian. Saya tidak menggunakan makanan sebagai pengganti bagian yang hilang dari dalam diri saya. Saya makan makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh saya. Makanan yang memberikan energi dan kerja yang prima.”
“Saya berolahraga secara rutin dengan takaran yang sesuai. Saya melatih tubuh saya sehingga tubuh saya semakin sehat, segar, dan langsing. Semakin saya berolahraga, semakin semangat saya jadinya. Karena saya tahu bahwa saya menjadi semakin sehat, kuat, dan langsing.”
“Semakin hari, berat tubuh saya semakin turun, saya semakin langsing. Saya semakin mampu mengendalikan tubuh dan makanan saya. Saya mengatasi tekanan dan stres tanpa harus makan berlebihan. Saya merasa lebih sehat dan hanya makan makanan sehat yang baik untuk tubuh saya. Saat saya menjadi lebih sehat dan langsing, saya merasakan kebebasan dan kebahagiaan.”
(Bangun)
“Saya bangun dengan menghitung dan satu sampai lima. Saat hitungan kelima, saya bangun, kembali sadar sepenuhnya, dan merasa sangat segar. Satu... Dua.... Tiga... semakin sadar. Empat... merasa sangat segar dan nyaman. Lima... sekarang, saya sadar sepenuhnya.”
Besar kecil pengaruh sugesti yang Anda buat untuk diri Anda sangat tergantung dengan kemampuan Anda mencapai trance. Semakin dalam kondisi trance Anda, semakin efektif sugesti yang Anda buat. Maka dari itu, penting sekali untuk banyak berlatih agar bisa mencapai kondisi tance yang dalam atau temui saja juru hypnosis yang bisa membantu untuk mencapai trance yang dalam dalam waktu singkat
.

1 comment:

Hipnoterapi Indonesia said...

Self Hipnosis memang sangat baik diguakan untuk memberdayakan diri sendiri menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Salam kenal
HIPNOTIS SEMARANG